Bahasa Indonesia Kelas 12 | Pengertian, Struktur, dan Jenis Artikel

Jika kamu memiliki hobi membaca, apalagi tulisan-tulisan non-fiksi, pasti kamu nggak asing lagi dengan istilah artikel. Kamu bisa menemukan tulisan artikel pada rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang bisa kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, saat ini pun kamu sedang membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, tapi apa sih yang dimaksud dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Artikel adalah karangan berisi fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun media sosial. Artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dilengkapi data dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca.

Nah, setelah kamu tahu pengertian dan ciri-ciri artikel. Kira-kira kamu tertarik nggak untuk membuat artikel? Eiits, tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu gimana struktur sebuah artikel. Hmm, seperti yang kita tahu, setiap teks pasti memiliki struktur. Nah, dengan memahami struktur teks, kita dapat lebih mudah untuk membuat artikel, lho.

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup.

  1. Bagian pembuka berisi orientasi (tahap pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas.
  2. Bagian isi merupakan uraian penjelasan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel
  3. Bagian penutup, yaitu sebuah simpulan yang berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk ringkas dan jelas.

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, artikel dibedakan menjadi empat macam nih.

  1. Artikel praktis, yaitu artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini cenderung naratif, artinya pesan yang disusun sesuai dengan urutan waktu, peristiwa, atau tahapan. Kamu pernah membaca artikel tentang petunjuk membuat sesuatu? atau cara memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu termasuk ke dalam artikel praktis.
  2. Artikel ringan membahas masalah yang ringan dan nggak butuh pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini dengan humor atau memberi kesan menghibur pembaca, tapi isinya tetap informatif ya. Jadi, pembaca tidak perlu berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu bisa menemukan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.
  3. Artikel opini, secara umum semua artikel adalah opini. Tapi, jenis artikel ini cuma ada di dalam surat kabar atau majalah yang punya penempatan khusus, lho.. mirip sama kamu, punya tempat khusus di hati aku, hehehe. Penempatan khusus ini seperti di pojok, kolom, tajuk rencana, dan lain-lain. Oh ya, biasanya artikel ini membahas suatu permasalahan secara mendalam, jadi penulis harus sudah ahli di bidangnya.
  4. Artikel analisis ahli ini lebih berat dari artikel lainnya. Artikel jenis ini berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian, misalnya skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya. Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel ini harus memakai bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Sumber : https://blog.ruangguru.com/pengertian-struktur-dan-jenis-artikel