MA. MA’ARIF 19 HASYIM ASY’ARI SIAP MEMBUKA SEKOLAH KEMBALI

Seiring dengan adanya wabah yang masih mengguncang negeri ini,namun  disisi lain kerinduan akan dunia pendidikan masih terus bergulir. Meskipun banyak sekali sekolah-sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan sistem Daring, tidak terkecuali MA. Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari yang lebih dikenal MAHARI Kedungmegarih Lamongan.

Kegiatan dimasa Pandemi Covid 19 Mahari memberikan proses belajar mengajar (KBM) dengan scenario pembelajaran Online, diantaranya :

  1. Pembelajaran Daring dengan memanfaatkan Aplikasi Whatsapp, Quizizz, Goggle Form, Facebook dan IG,  hal itu, sangat membantu efektiftas pembelajaran.
  2. Ngaos/  Mengaji Online, yang dikemas dengan metode Live Streming Facebook dan IG yang sudah berlangsung pada saat bulan suci Romadhon.
  3. Kegiatan PAT ONLINE yang  akan terselenggara pada bulan juni dengan menggunakan “Goggle Form”

Kegiatan yang terlaksana dan akan terlaksana tersebut tetap tidak bisa menggantikan peran dari sosok seorang guru untuk bertatap muka langsung dalam memantau kegiatan belajar para peserta didik. Karena itu MAHARI  siap melakukan gerakan kembali sekolah meskipun dengan catatan menggunakan pedoman pada panduan kurikulum darurat yang telah diterbitkan kemenag RI. Dengan demikian perbelajaran yang dilakukan di madrasah akan terjamin keamanan, kesehatan dan keselamatannya. Hal itu dilakukan karena mengingat kondisi darurat pandemi covid 19 bisa berlanjut hingga awal tahun pelajaran 2020-2021 yang dimulai pada tanggal 13 juli 2020 . oleh karena itu  pembelajaran bermutu akan tetap bisa dilakukan oleh peserta didik madrasah baik dalam masa pemberlakuan PSBB ataupun pada saat penerapan new normal. “ Selama pemberlakuan PSBB dan menuju normal kami sudah menyiapakan kurikulum tersebut, dimana dalam kurikulum ini nanti akan lebih ,menekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiya, dan kemandirian siswa.  Pada setiap harinya peserta didik  hanya akan difokuskan pada materi esensial dari satu atau dua pasangan mata pelajaran utama,pengembangan diri atau peminatan, selain itu kami akan juga sudah mengatur jadwal dan jarak duduk antara siswa sehingga dapat mengurangi pengerumunan” tutur bu ririn selaku waka kurikulum MAHARI.

“ selain itu aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi covid 19 tetap berpedoman sebagaimana yang telah berjalan menurut kalender pendidikan kementrian agama yaitu tahun pelajaran 2019/2021 yang akan berakhir pada juni 20 20, serta kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 yang akan dimulai tanggal 13 juli 2020 nanti” imbuh bu ririn.

Untuk mempersiapkan gerakan kembali kesekolah tersebut yaitu 13  juli 2020,  rupanya MA. Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari atau yang lebih dikenal MAHARI itu telah melakukan beberapa langkah awal seperti, mengadakan sosialisasi kepada warga madrasah, baik guru, karyawan dan peserta didik serta masyarakat sekitar  dan himbauan tersebut kerap diberikan yaitu tentang menjaga kebersihan, keamanan dan mewajibkan penggunaan masker, madrasah juga telah dilelengkapi fasilitas seperti adanya wastafel sebagai tempat untuk cuci tangan, hand sanitizer, masker bagi yang tdk membawa, mengatur jarak termpat duduk , dan juga melakukan penyemprotan secara berkala dengan cairan disinfektan. Selain itu pengecekan terhadap suhu tubuh masih tetap dilakukan meskipun menggunakan alat yag masih sederhana. kepala madrasah MA. Ma’arif 19 Hasyim asy’ari Bpk. A. Hasan Mudlofar, S.Pd ; juga menyatakan siap jika adanya gerakan kembali kesekolah. “ kami siap jika sekolah kembali dibuka, dan   kami akan berupaya memberikan pelayana yang terbaik dan semaksimal mungkin kepada seluruh warga madrasah kami selama pandemi covid 19 sebagai bentuk tanggung jawab kami, “ sedikit menambahkan.

by :

Mahari Media